News


Raffi Ahmad Dikabarkan Konsumsi Vitamin Impor dari Amerika Serikat

Jakarta – Presenter Raffi Ahmad akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus narkobanya itu. Presenter acara ‘DahSyat’ itu terbukti mengenakan metilon. Baru-baru ini, beredar kabar yang menyebutkan kalau Raffi sudah sebulan ini mengkonsumsi vitamin. Vitamin itu disebut-sebut diimpor dari Amerika Serikat. Apakah vitamin yang dikonsumsi Raffi mengandung metilon? Saksi Ahli Kimia Farmasi, Mufti Djusnir mengungkapkan, metilon atau derivat cathinone diketahui memang bisa menambah stamina penggunanya. Tapi, jika digunakan berlebihan efeknya sangat bisa membahayakan. Kabar Raffi mengkonsumsi vitamin dari Amerika Serikat itu sempat dikonfirmasi kepada keluarganya. Paman Raffi, Mubariq Ahmad pun mengaku tidak tahu persis soal itu. Namun, ia menganggap wajar jika Raffi menggunakan ‘doping’. “Wajar dia nyari obat kuat untuk staminanya, karena dia kerja kan setiap hari sampai malem juga,” tutur Mubariq Ahmad saat ditemui di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (3/1/2013) malam.

Raffi Ahmad positif menggunakan cathinone. Zat tersebut disebut-sebut memang lebih berbahaya dari narkoba biasa. Namun sebenarnya seperti apa efek yang ditimbulkan dari zat yang dikonsumsi Raffi tersebut?

Saksi Ahli Kimia Farmasi, Mufti Djusnir mengungkapkan, cathinone berdampak seperti doping untuk pemakainya. Namun efek buruknya, si pemakai bisa mengalami kejang-kejang, keram jantung, hingga yang terburuk yaitu tewas.

“Efek setelah pake metilon dia bisa jadi stimulan tubuh, energi jadi lebih kuat, bisa nggak makan pun tidak apa-apa,” terang Mufti saat ditemui di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (31/1/2013).

“Tapi dampaknya itu bisa menimbulkan kejang-kejang yang tidak terkontrol, apabila over, maka senyawa metilon ini bisa menimbulkan debaran jantung, hingga keram jantung yang dapat menimbulkan kematian,” paparnya lebih lanjut.

Mufti menjelaskan, barang tersebut sebenarnya bukanlah barang baru di dunia narkoba. Di pasaran internasional cathinone sudah beken di Singapura, Amerika hingga Eropa.

Sementara Kepala Humas BNN, Kombes Sumirat Dwiyanto mengatakan, tujuh orang sudah terbukti positif menggunakan zat tersebut dengan campuran ekstasi dan ganja. Sementara untuk Raffi sendiri murni hanya mengkonsumsi cathinone.

“Yang pakai cathinone ini ada semuanya tujuh orang: 2 ganja-cathinone, 2 ekstasi-cathinone, dan 1 ganja-ekstasi-cathinone. Insial kelima orang itu K, N, MF, W, dan J. Yang murni menggunakan metilon atau derivat cathinone itu R (Raffi) dan RJ,” beber Sumirat.

 

 

Bom Bunuh Diri di Solo (25 September 2011-Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, Solo)

Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, Jalan Arif Rahman Hakim, Solo, Jawa Tengah, menjadi sasaran bom bunuh diri. Ledakan bom terjadi pada minggu tanggal 25 September 2011 sekitar pukul 10.55 WIB seperti diungkapkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Jateng, Kombes Jihartono

Polisi belum dapat memastikan jumlah korban tewas dan terluka dalam kejadian ini. Yang pasti seorang yang diduga pelaku bom bunuh tewas akibat ledakan ini. “Yang lain masih diidentifikasi,” ujarnya.
Saat ini polisi sedang melakukan olah tempat kejadian perkara. Tim dari Polda Jateng juga telah dikirim ke Solo. Menurut informasi yang diperoleh, bom meledak usai jemaat keluar gereja.
Untuk  mengetahui lokasi persis ledakan masih perlu identifikasi lebih lanjut. Begitu juga dengan kekuatan ledakan. “Low atau high explosive yang menentukan ahlinya yaitu tim gegana,” kata Kombes Jihartono.
Menurut informasi warga bahwa suara bom terdengar dalam radius 500 meter. Ia juga baru tahu bahwa sejauh ini seorang tewas dan beberapa orang terluka akibat kejadian ini.
Untuk teknis pengamanan Kapolda Inspektur Jenderal Polisi Untung S. Rajab menyerahkan sepenuhnya kepada setiap Kapolres. Mereka masing-masing diimbau berhati-hati dalam menyikapi setiap ancaman bom. “Agar tidak menimbulkan kekhawatiran di masyarakat,” kata Baharudin.
“Intinya, Jakarta harus tetap kondusif. Apakah akan ditambah personel untuk menjaga rumah ibadah, itu diserahkan ke polres masing-masing,” kata mantan juru bicara Polda Sumatera Utara itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa yang diduga bom bunuh diri terjadi di Gereja Bethel Injil Sepenuh, Kepunton, Solo, Jawa Tengah pukul 11.00 WIB. Satu orang tewas di lokasi kejadian, diduga pelaku bom bunuh diri. Bom meledak sesaat setelah kebaktian selesai dan para jemaat sedang keluar dari gereja.
Wali Kota Solo, Joko Widodo, Minggu, mengatakan, korban bom bunuh diri di Gereja Kepunton Solo sebanyak 11 orang sedangkan satu orang tewas diduga pelaku bom bunuh diri tersebut.
“Hingga saat ini diketahui korban luka 10 orang dirawat di RS Oen dan satu lainnya di RS Brayat Minulyo. Satu orang tewas diduga pelaku bom bunuh diri,” kata Wali Kota Solo, Joko Widodo, didampingi Wakil Wali Kota Solo, FX Hady Rudiatmo, di sela meninjau lokasi bom bunuh diri di Solo, Minggu.
Mereka berdua langsung ke lokasi kejadian setelah mendapat informasi tentang pemboman di gereja itu.
Hingga saat ini belum diketahui keberadaan korban tewas yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Gereja Bethel Injili Sepenuh, Kepunton, Kota Solo sekitar pukul 10.55 WIB itu.
Wartawan ANTARA di lokasi kejadian melaporkan, aparat kepolisian yang telah memasang garis polisi berjaga di Gereja Bethel Injili Sepenuh, di Jalan Arif Rachman Hakim Nomor 49, Kepunton, Solo.
Petugas menutup arus lalu lintas sekitar 100 meter dari depan gereja itu, sedangkan masyarakat setempat tampak menyaksikan dari jauh lokasi tersebut.
Pintu gereja dalam kondisi ditutup oleh petugas, petugas berjaga-jaga di berbagai tempat di sekitar kompleks gereja setempat.
Mobil gegana kepolisian setempat juga telah tiba di depan gereja setempat.
Sementara itu, Menko Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengutuk pemboman di gereja tersebut.

“Apa pun alasannya, tindakan itu tidak dapat dibenarkan,” kata Menteri Koordinator Polhukkam, Djoko Suyanto, kepada ANTARA, di Jakarta, Minggu. Ia telah memerintahkan aparat keamanan untuk segera mengungkap tindak kekerasan ini. Hal ini karena masih dilakukan tes DNA pembanding antara pelaku dan orang-orang yang diduga keluarganya. Anton juga belum dapat memastikan apakah pelaku merupakan orang yang sama dengan pelaku di bom Cirebon yaitu Yadi al Hasan alias Abu Fatih, Nanang Irawan alias Nang Ndut, Heru Komarudin, Ahmad Yosepa alias Hayat. Meskipun demikian, disebut-sebut jenazah memiliki kemiripan wajah dengan salah satu dari DPO bom Cirebon. “Kita sudah dapatkan keluarga pelaku, istri dan anaknya. Tentu untuk memastikan yang bersangkutan si A atau si S tentu harus kita lakukan tes DNA agar nanti objektif, tidak salah. Ini masih didalami, apakah dia DPO dari hasil yg didapatkan nanti,” ujar Anton di Gedung Humas Polri, Senin (26/9/2011). Ia menyatakan belum bisa menyebutkan nama dua orang yang diperiksa DNA sebagai pembanding. Anton berjanji akan memberikan keterangan terkait hal tersebut, usai keduanya menjalani tes. “Hanya namanya yang akan kita sampaikan. Tunggu dulu nanti kalau sudah cocok kita sampaikan,” jelas Anton.

Palestina Merdeka Diserahkan ke PBB

NEW YORK – Presiden Palestina Mahmud Abbas kemarin mengajukan permohonan bersejarah kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar menjadikan negara Palestina sebagai anggota resmi lembaga itu. Upaya itu datang di tengah penolakan Israel dan Amerika Serikat (AS). Abbas menyerahkan aplikasi formal itu kepada Sekjen PBB Ban Kimoon dalam pertemuan yang digelar kemarin pukul 11.35 waktu setempat atau tadi malam WIB. Abbas menyampai kan aplikasi formal itu di depan sidang Majelis Umum PBB kemarin. Ketika memasuki balai sidang Majelis Umum usai menyerahkan surat itu kepada Ban, Abbas mendapatkan sambutan berupa tepuk tangan meriah dan standing ovation dari beberapa delegasi PBB. Abbas lantas berdiri di podium untuk menyampaikan pidato tahunannya. Abbas meminta Israel datang untuk berdamai. ”Saya katakan kepada Israel, datanglah untuk berdamai,” ujar Abbas dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, dikutip Reuters. Abbas memaparkan,Palestina akan meneruskan perlawanan terhadap pendudukan Israel dan memperingatkan, permukiman Yahudi menghancurkan solusi dua negara dan pemerintahan Otoritas Palestina. ”Seluruh usaha murni dan keras yang dilakukan pihakpihak internasional ini berulang kali diremukkan pemerintah Israel, yang lalu memupuskan harapan yang diraih dalam peluncuran negosiasi September lalu,” ujar Abbas. Israel segera merespons langkah Abbas tersebut. Juru bicara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Gidi Shmerling menyesalkan langkah itu. ”Kami yakin satu-satunya jalan damai adalah melalui negosiasi dan bukan langkah sepihak,” ujar Shmerling,kepada AFP. Setelah menerima surat itu, Ban berencana menyerahkan surat itu kepada Dewan Keamanan PBB. Namun, voting untuk menerima Palestina sebagai negara anggota penuh PBB bisa memakan waktu berpekan-pekan, menyebabkan lebih banyak waktu bagi perseteruan diplomatik. Dari Palestina dilaporkan, warga Palestina tidak menyianyiakan momen historis itu, yang terjadi lebih dari 60 tahun setelah pembentukan negara Israel pada 1948. Televisitelevisi layar lebar dipasang di hampir seluruh pusat kota di Tepi Barat sehingga warga bisa menyaksikan Abbas menyampaikan pidato bersejarahnya di hadapan 193 negara anggota Majelis Umum PBB. Di Ramallah,ibu kota politik Tepi Barat, banyak mobil memasang bendera Palestina, poster-poster Abbas dan mendiang pendahulunya, Yasser Arafat, memenuhi jalanan. Namun, keriaan itu tidak sejalan dengan Israel yang menempatkan 22.000 personel polisi dan penjaga perbatasan. Mereka dalam siaga tinggi diterjunkan di sepanjang Jalur Hijau antara Israel dan Tepi Barat,Yerusalem timur yang dirampas dan sekitar kota-kota Arab Israel. Kemarin tentara Israel bahkan dilaporkan menembak mati seorang warga Palestina dalam sebuah bentrokan yang meletus di dekat Nablus di Tepi Barat. Pengajuan status keanggotaan PBB itu selanjutnya akan diteruskan ke Dewan Keamanan PBB. Palestina mendapatkan dukungan sembilan dari 15 anggota. Hingga sekarang, sikap AS tetap bersikeras akan memveto permohonan Palestina.Pengajuan keanggotaan penuh PBB itu juga merefleksikan perjuangan selama 20 tahun Palestina dalam mencapai perundingan perdamaian yang selalu gagal dengan Israel. Penasihat diplomatik Abbas, Majdi Al-Khaldi, mengatakan Palestina yakin akan mendapatkan suara yang dibutuhkan. ”Tiga anggota Dewan Keamanan di bawah tekanan Amerika,” katanya, mengacu kepada Bosnia,Gabon, dan Nigeria. Selama ini keterwakilan Palestina di PBB direpresentasikan oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang memiliki status pengamat. Bagi Palestina, upaya menjadi anggota penuh PBB bukan sekadar perlambang untuk menegaskan keberadaan mereka sebagai sebuah negara merdeka yang berdaulat. Keanggotaan penuh PBB tentu dapat memperkuat posisi mereka dalam perundingan damai dengan Israel. Sebelumnya beberapa menit sebelum penyerahan aplikasi itu,Kuartet Timur Tengah (Uni Eropa, AS, PBB, dan Rusia) terus menggelar negosiasi hingga Kamis (22/9) malam waktu setempat. Tujuannya untuk mencapai satu titik yakni kompromi. ”Utusan Kuartet bertemu selama beberapa jam. Mereka melanjutkan dialog secara konstruktif dan akan bertemu lagi pada hari ini (Jumat waktu setempat atau Sabtu WIB),” ujar pejabat AS yang enggan disebutkan namanya. ”Kita tetap fokus mendukung Israel dan Palestina untuk kembali ke meja perundingan.” Tapi, Palestina sepertinya tidak akan mundur dari ambisinya untuk menjadi sebuah negara resmi. Sebelumnya pada pidato di depan Majelis Umum PBB pada Rabu (21/9), Presiden AS Barack Obama mengatakan, rakyat Palestina berhak mendirikan negara, namun itu harus dilakukan melalui dialog dengan Israel. ”Saya yakin tidak ada jalan pintas untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama beberapa dekade,” kata Obama. Pidato ini disampaikan ketika sejumlah pihak melakukan berbagai upaya untuk mendukung Palestina menjadi anggota penuh PBB. Pidato itu langsung disambut kutukan dan cacian dalam demonstrasi yang berlangsung di Tepi Barat dan Gaza. Rakyat Palestina menuding Obama menutup mimpi mereka. ”Pidato itu tidak memenuhi harapan Palestina untuk kebebasan dan kemerdekaan yang diserukan pemerintahan AS bagi semua orang, kecuali Palestina,” ujar pimpinan negosiator Palestina,Saeb Erakat, dikutip AFP. ”Meski posisi yang tidak adil dan berada dalam tekanan, Presiden Abbas mengajukan permohonan negara Palestina di PBB melalui Dewan Keamanan.” Sementara itu, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengusulkan agar Palestina diberikan hak sementara sebagai negara pemantau nonanggota. Dia mengusulkan agar disusun jadwal perundingan yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan dalam kurun waktu satu tahun. Terhadap usul Sarkozy ini, Israel langsung menolak. Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy menyarankan Israel dan Palestina segera kembali ke perundingan langsung. ”Digelarnya perundingan langsung Israel dan Palestina merupakan agenda utama, ”katanya. Perdana Menteri Inggris David Cameron tidak menyebutkan sikap atas negara Palestina. Tapi, dia menegaskan bahwa rakyat Palestina memiliki hak untuk mendirikan negara sendiri. ”Perdamaian akan terwujud jika Palestina dan Israel duduk bersama dan berunding satu sama lain, menyusun kompromi, membangun kepercayaan dan kesepakatan,” katanya. Indonesia Dukung Palestina Sementara itu, Indonesia memandang bahwa pengajuan Palestina sebagai anggota PBB bukanlah tujuan akhir, melainkan harus menjadi katalis bagi dilanjutkannya proses perdamaian guna mencapai solusi akhir berdirinya negara Palestina yang merdeka dan berdaulat.Indonesia juga mengajak kaukus Gerakan Non-Blok (GNB) di PBB bersikap solid atas usulan Palestina itu. ”Kaukus GNB di DK PBB perlu menyampaikan sinyal yang kuat mengenai solidaritas dan kesatuan sikap kuat GNB terhadap keinginan rakyat Palestina,” ujar Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa, dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Marty juga mengajak negara- negara GNB terus merapatkan diri dan bekerja sama guna mendukung keputusan bangsa Palestina itu. Menlu juga mengingatkan kembali mengenai dukungan GNB yang disepakati dalam Pertemuan Tingkat Menteri GNB di Bali pada Mei lalu. ”Kita telah menyepakati rencana aksi untuk mendukung masalah Palestina dan pengajuan Palestina sebagai anggota tetap PBB pada sesi ke-66 Sidang Majelis Umum PBB,” tuturnya. Marty menegaskan bahwa Indonesia tetap mendukung perjuangan Palestina dari awal. ”Bagi Indonesia, Palestina mewakili masalah utama perjuangan melawan kolonialisme. Sangat alamiah bagi kami dan GNB untuk mendukung aspirasi rakyat Palestina menentukan nasib dan kemerdekaan di tanahnya sendiri,” papar Marty. Hal yang dirasa perlu diantisipasi menyikapi harapan Palestina sebagai anggota PBB adalah memberikan ruang diplomatik yang cukup. Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS) KH Hasyim Muzadi menegaskan bahwa Indonesia wajib memperjuangkan kemerdekaan Palestina meskipun perjuangan itu belum tentu berhasil untuk saat ini atau dalam waktu dekat. Kewajiban ini seperti tertera dalam pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa Indonesia harus antipenjajahan dan turut menciptakan perdamaian dunia. ”Itu hukumnya wajib berhasil atau tidak urusan belakang. Pangeran Diponegoro berjuang lama, tapi ratusan tahun kemudian baru Indonesia merdeka,”tuturnya. Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengapresiasi pemerintah yang menyatakan akan menggalang dukungan dari Gerakan Non-Blok bagi upaya Palestina memperoleh keanggotaan di PBB. ”Saya mengapresiasi Indonesia yang menyatakan akan menggalang dukungan dari GNB,” katanya seusai bersilaturahmi dengan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, Banten, kemarin. ________________________________ sumber : http://www.seputar-indonesia.com
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: